Indonesia memang sangat kaya dengan berbagai tempat wisata yang memikat pengunjung untuk selalu datang kembali kesana. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah menikmati petualangan alam di Cukang Taneuh, Pangandaran atau yang lebih dikenal dengan sebutan Green Canyon.

Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang Prancis di tahun 1993, merupakan plesetan dari Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Orang Sunda menyebutnya sebagai Cukang Taneuh yang berarti jembatan tanah, karena di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani di sekitar sana untuk menuju kebun mereka.



Objek wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat ini berada di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran, berupa aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona. Lokasinya diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang untuk dijelajahi.

Lokasi ini sudah ditetapkan sebagai objek wisata sejak tahun 1991 dan nyaris tidak pernah sepi dari pengunjung. Musim kemarau merupakan waktu yang tepat untuk berpetualang di Green Canyon karena bisa menikmati sebuah maha karya lukisan yang menggambarkan hijaunya air sungai Cijulang sekaligus lembah hijau dan hutan lindung.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke lokasi ini wisatawan harus berangkat dari dermaga Ciseureuh. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu tempel atau kayuh yang jumlahnya sekitar 100 unit. Dari dermaga ke lokasi Green Canyon ini berjarak sekitar 3km, perjalanan memakan waktu sekitar 30 - 45 menit. Objek wisata ini berdekatan dengan objek wisata Batukaras serta Bandara Nusawiru. 

Anda akan disambut air terjun di bagian depan gua yang disebut dengan air terjun Palatar, hal ini akan membuat suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Disini anda dapat melakukan aneka kegiatan diantaranya berenang, memanjat tebing, hingga bersampan sambil memancing. Saat anda melihat jeram dengan alur yang sempit dan sulit dilewati oleh perahu ini tandanya anda sudah sampai di mulut Green Canyon. Wisatawan bisa menikmati airnya yang sangat jernih kebiru-biruan sembari meniti tepi batu atau berenang sambil mengenakan pelampung. Untuk anak diatas usia 6 tahun bahkan juga ikut menikmati karena disediakan ban yang dipandu dengan pemilik perahu.

Cekungan dinding yang terjal memberikan pemandangan yang menyerupai gua yang atapnya runtuh. Selain itu, juga ada stalaktit-stalaktit yang masih dialiri tetesan air tanah. Puas berenang, sebuah pemandangan beberapa air terjun kecil di bagian kanan dan kiri mengirimkan pesan menawan. Jika berminat meneruskan perjalanan, maka akan ada gua yang dihuni oleh banyak kelelawar.

Alur aliran sungai ini cukup panjang, sehingga pengunjung dapat berenang sepuas-puasnya sambil menyelam. Disini, bisa menikmati pemandangan menakjubkan berupa cekungan-cekungan di dalam air siap untuk ditelusuri dan dinikmati, lengkap dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di dasar lubuk. Anda juga dapat memompa adrenalin dengan meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5m ke dasar lubuk yang dalam.

Body Rafting Green Canyon Pangandaran
Selain menikmati Green Canyon dari perahu, cobalah untuk melakukan body rafting yang bakal bikin ketagihan. Di lokasi, sudah banyak operator yang melayani kegiatan tersebut baik untuk short track dengan melawan arus dan setidaknya menghabiskan waktu selama dua jam.

Sedangkan long track lebih menantang karena akan diajak menjauhi Green Canyon. Anda akan diajak menjauhi Green Canyon dan menelusuri sungai dengan berenang. Tidak hanya menikmati indahnya sungai, juga akan diajak untuk melompat, meniti bebatuan maupun menyeberang arus deras.

Untuk trek ini, menghabiskan waktu sekitar 4 jam. Bagi Anda yang benar-benar ingin menikmati keindahan objek wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat harus paham dengan musim-musimnya, agar anda tidak kecewa dan menikmati keindahannya dengan sempurna. Saat yang untuk berkunjung dan menikmati keindahaan objek wisata ini adalah beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Pada musim penghujan, dikhawatirkan arus menjadi deras yang akan berpengaruh pada airnya yang keruh.

Itulah beberapa gambar mengenai Berpetualang ke Green Canyon Pangandaran Jawa Barat . Semoga postingan ini bisa menambahkan referensi Anda sebelum pergi libur. Dan semoga liburan Anda menyenangkan.



Disclaimer : Admin tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang ada dalam postingan ini. Jika gambar yang ada di dalam postingan ini memiliki hak cipta atau milik Anda, silahkan hubungi kami via komentar atau kirimkan email ke agusriyantooo614@gmail.com. Kami akan segera menghapus gambar atau konten tersebut.

Post a Comment