Desa Tenganan adalah sebuah tempat yang ada di Bali. Tepatnya berlokasi di kawasan Karangasem, kecamatan Manggis. Tempat ini merupakan sebuah desa adat yang bisa dikunjungi sebagai salah satu objek wisata di pulau Dewata. Lokasi desa adat ini sangat dekat dengan Candidasa, sehingga jika anda sedang di Candidasa anda bisa langsung menuju desa adat ini.

Jalan Masuk Desa Adat Tenganan Bali


Desa Adat Tenganan Bali
ini bukan satu-satunya desa yang berada di Bali, ada lagi beberapa desa adat lain yang ada di Bali yaitu, Trunyan dan Sembiran. Ketiga desa adat tersebut disebut sebagai Bali Aga. Arti dari Bali Aga itu sendiri adalah desa yang masih mempertahankan keaslian pola hidup dan tata cara masyarakatnya dalam melakukan berbagai aktifitas hariannya.

Bali Aga juga mengatur tentang peletakkan bangunan-bangunan seperti, bentuk dan ukuran besarnya pekarangan rumah, letak Pura dan lain sebagainya. Berkunjung ke desa Tenganan bisa menjadi satu pengalaman yang menarik. Asal nama desa adat ini adalah dari kata tengah atau ngatengahang.

Kata tersebut berarti bergerak menuju ke tempat yang lebih dalam. Lalu apa maksudnya?. Ternyata bunyi kata tersebut menggambarkan perpindahan tempat tinggal yang dilakukan oleh masyarakat dari daerah pinggiran pantai ke daerah pemukiman di tengah perbukitan. Desa adat ini sendiri mempunyai luas wilayah sekitar 1 juta 500 hektar.

Desa Adat Tenganan Bali
Ketika tempat lain di Bali mengalami modernisasi dengan adanya bangunan-bangunan modern seperti hotel, bungalow, resto-resto, tempat berbelanja, desa Tenganan tetap keukeuh mempertahankan keasliannya. Mulai dari tidak adanya modernisasi dari sektor bangunannya, keturunan masyarakat disini pun tetap dipertahankan. Mereka tidak melakukan kawin campur dengan masyarakat di luar tempat ini. Keaslian inilah yang membuat desa ini menjadi unik dan memiliki nilai budaya tersendiri. Uniknya desa ini dimulai sedari kita masuk ke desa ini.

Sebelum memasuki Desa Adat Tenganan Bali ini kita akan melewati sebuah loket. Anda tidak diwajibkan membayar sejumlah uang. Tidak ada tiket masuk, yang ada hanya sumbangan, seikhlasnya dari pengunjung. Daya tarik tempat ini selain keunikan dan keasliannya adalah banyaknya kerajinan tangan yang indah-indah. Itulah beberapa gambar mengenai Wisata Budaya di Desa Adat Tenganan Bali. Semoga postingan ini bisa menambahkan referensi Anda sebelum pergi libur. Dan semoga liburan Anda menyenangkan.



Disclaimer : Admin tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang ada dalam postingan ini. Jika gambar yang ada di dalam postingan ini memiliki hak cipta atau milik Anda, silahkan hubungi kami via komentar atau kirimkan email ke agusriyantooo614@gmail.com. Kami akan segera menghapus gambar atau konten tersebut.

Post a Comment