Kabupaten Sumenep merupakan daerah paling ujung timur Pulau Madura, beragam potensi daerah terdapat di kabupaten yang memiliki jargon “The Heart Of Madura” ini. Mulai dari pesona alamnya yang unik hingga beragam pesona wisata religi dan dan wisata budaya.

Keraton Sumenep - Madura
Keraton Sumenep - Madura

Berikut beberapa Tempat Wisata Di Sumenep yang mempesona, diantaranya:

Keraton Sumenep

Sumenep merupakan satu-satunya daerah di Madura yang masih memiliki peninggalan Keraton dengan bukti sejarah paling lengkap dan terawat dengan baik, asli dan tanpa polesan. Tidak jauh berbeda dengan keraton Jogja dan Solo.

Pantai Lombang

Pantai Lombang merupakan salah satu objek wisata pantai andalan Kabupaten Sumenep, selain keindahan pasir putihnya yang membentang luas, Pantai Lombang juga dihiasi dengan deretan pohon cemara udangnya, yang hanya terdapat di Sumenep dan Cina.

Pantai Slopeng

Pantai Slopeng merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Sumenep, menyajikan pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih dan deretan bukti pasir yang membentang hingga 3 km.

Masjid Agung Sumenep

Masjid Jamik atau juga dikenal sebagai Masjid Agung Sumenep ini merupakan sebuah objek wisata religi, sekaligus destinasi budaya yang kerap di kunjungi para peziarah. Keunikan Masjid Agung Sumenep yang dibangun tahun 1763, terletak pada corak Arsitek yang menggabungkan Arsitek Jawa, Madura, Eropa dan Cina. Sebab Masjid ini di Bangun oleh Arsitek dari Cina. Dan masjid ini termasuk Masjid Tertua Di Indonesia.Makam Para Raja Asta Tinggi

Makam Raja dan Sultan

Makam Para Raja dan Sultan Sumenep yang masih berdiri kokoh, dan berada dalam sejumlah kompleks pemakaman. Dibangun diatas sebuah bukit 2 Km sebelah barat kota Sumenep. Menurut Legenda masyarakat Makam Pangeran Dipenogoro yang hilang juga terdapat di Asta Tinggi, sayang keberadaanya tidak dapat dipastikan.

Asta Yusuf

Merupakan makam dari Maulana Sayyid Yusuf Bin Ali Bin Abdullah Al Hasan, berada di Pulau Talango, 11 Km arah Timur Kota Sumenep. Menurut legenda masyarakat setempat lokasi makam tersebut awalnya ditemukan oleh Sultan Abdurrahman, salah Seorang Raja Sumenep. Masyarakat percaya makan Asta Yusuf merupakan makam salah satu keturunan Rasulullah yang menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Wisata Kepulauan

Sumenep kaya akan potensi wisata kepulauan, memiliki deretan pulau nan indahnya sejak dari pulau kangean, sapudi, raas, puteran, gili labak, mamburit, genteng, gili iyang, pulau raja, dll. Wisata di daerah pulau Sumenep juga terkenal dengan Ayam Bekisar dengan warna-warni nan eksotik (hasil penyilangan ayam hutan dengan ayam kampung) dan ukiran kayu Jati buat buah tangan.

Wisata kepulauan yang cukup populer diantaranya sebagai berikut:
  • Taman Wisata Pulau Mamburit
Salah satu destinasi yang rekomended khususnya bagi anda yang hobi Menyelam dan menikmati keindahan alam bawah Laut, selain itu digunakan untuk wind surfing berskala nasional dan Internasional.
  • Taman Laut Pulau Gili Labak
Terletak antara Pulau Gili Genting dan Pulau Puteran, pulau ini cocok untuk olahraga Bahari, Selam Dasar ( Snorkling/ diving ), dan Selam Profesional ( scuba diving ).

Demikianlah tadi beberapa rekomendasi Tempat Wisata Di Sumenep untuk anda yang tertarik untuk mengeksplor keindahan di ujung Madura ini. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat, dan Happy travelling!!. Itulah beberapa gambar mengenai Tempat Wisata Di Sumenep - Keindahan di Ujung Madura. Semoga postingan ini bisa menambahkan referensi Anda sebelum pergi libur. Dan semoga liburan Anda menyenangkan.



Disclaimer : Admin tidak bertanggung jawab atas segala sesuatu yang ada dalam postingan ini. Jika gambar yang ada di dalam postingan ini memiliki hak cipta atau milik Anda, silahkan hubungi kami via komentar atau kirimkan email ke agusriyantooo614@gmail.com. Kami akan segera menghapus gambar atau konten tersebut.

Post a Comment